PHBS ( Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)

TIM PKPRS

RSU MAGUAN HUSADA

PRACIMANTORO – WONOGIRI

Perilaku Hidup Sehat dan Sehat (PHBS) adalah sekumpulan perilaku yang dipraktekkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang, keluarga, kelompok atau masyarakat mampu menolong dirinya sendiri (mandiri) dibidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah kesadaran memperaktekkan perilaku bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari, baik dirumah, disekolah, dikantor dan sebagainya.

Berikut adalah 10 jenis perilaku hidup bersih dan sehat :

  1. Persalinan ditolong Oleh Tenaga Kesehatan.

Mengapa setiap persalinan harus ditolong oleh tenaga kesehatan?Tenaga kesehatan merupakan orang yang sudah ahli dalam membantu persalinan, sehingga keselamatan ibu dan bayi lebih terjamin.

  1. Memberi Bayi ASI Ekslusif.

Adalah bayi usia 0-6 hanya diberi ASI saja tanpa memberikan tambahan makanan atau minuman lain. ASI adalah makanan alamiah berupa cairan dengan kandungan gizi yang cukup dan sesuai untuk kebutuhan bayi, sehingga bayi tumbuh dan berkembang dengan baik.

  1. Menimbang Balita Setiap Bulan.

Penimbangan balita di maksudkan untuk memantau pertumbuhannya setiap bulan. Setelah balita ditimbang di buku KIA (kesehatan ibu dan anak) atau kartu menuju sehat (KMS) maka akan terlihat berat badannya naik atau tidak naik (lihat perkembangannya)

  1. Menggunakan air bersih.

Air adalah kebutuhan dasar yang dipergunakan sehari-hari untuk minum, memasak, mandi, berkumur, membersihkan lantai, mencuci alat-alat dapur, mencuci pakaian, dan sebagainya, Air harus terjamin kualitasnya agar kita terhindar dari sakit.

 

  1. Mencuci Tangan Dengan Air Bersih dan Sabun.

Air yang tidak bersih banyak mengandung kuman dan bakteri penyebab penyakit. Bila digunakan, kuman berpindah ke tangan. Pada saat makan, kuman dengan cepat masuk ke dalam tubuh, yang bisa menimbulkan penyakit. Sabun dapat membersihkan kotoran dan membunuh kuman, karena tanpa sabun kotoran dan kuman masih tertinggal di tangan.

  1. Menggunakan jamban sehat.

Jamban adalah suatu ruangan yang mempunyai fasilitas pembuangan kotoran manusia yang terdiri atas tempat jongkok atau tempat duduk dengan leher angsa (cemplung) yang dilengkapi dengan unit penampungan kotoran dan air untuk membersihkannya

  1. Memberantas jentik di rumah sekali seminggu.

Rumah bebas jentik adalah rumah tangga yang setelah dilakukan pemeriksaan jentik secara berkala tidak terdapat jentik nyamuk dengan pola 3M plus (Menguras, Menutup, Mengubur, plus Menghindari gigitan nyamuk).

  1. Makan buah dan sayur setiap hari.

Mengkonsunsi minimal 3 porsi buah dan 2 porsi sayuran atau sebaliknya setiap hari karena buah  Mengandung vitamin, mineral, dan serat yang mengatur pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh serta memelihara pencernaan.

  1. Melakukan Aktivitas Fisik Setiap Hari

Aktifitas fisik bisa berupa: Olah raga, jalan santai, ataupun maraton yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat kesehatan tubuh.

  1. Tidak merokok di dalam rumah.

Karena didalam rokok terdapat zat-zat kimia yang berbahaya bagi tubuh, seperti tar dan nikotin, sehingga jika terhirup dapat menimbulakan kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Manfaat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

  1. Kesehatan meningkat dan tidak mudah sakit sehingga lingkungan sehat
  2. Mampu menanggulangi dan mencegah masalah kesehatan
  3. Meningkatkan produktivitas kerja
  4. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  5. Dapat memanfaatkan layanan kesehatan yang ada

Indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tempat umum dan Rumah tangga

  1. Umum
  • Menggunakan air bersih
  • Menggunakan jamban
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Tidak merokok di tempat umum
  • Tidak meludah sembarangan
  • Memberantas jentik nyamuk
  1. Rumah Tangga
  • Pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan
  • ASI Ekslusif
  • Menimbang bayi dan balita
  • Ketersediaan air bersih
  • Cuci tangan pakai air dan sabun
  • Penggunaan jamban sehat
  • Pemberantasan jentik
  • Makan buah dan sayur setiap hari
  • Aktivitas fisik setiap hari
  • Tidak merokok di dalam rumah

Contoh hakikat masalah kesehatan

Leave a Comment